Home Nasional KCIC Siapkan 808 Ribu Tempat Duduk untuk Angkutan Lebaran 2025

KCIC Siapkan 808 Ribu Tempat Duduk untuk Angkutan Lebaran 2025

Angkutan Lebaran 2025

0
SHARE
KCIC Siapkan 808 Ribu Tempat Duduk untuk Angkutan Lebaran 2025

Keterangan Gambar : Para calon penumpang KC Whoosh di Stasiun KC Halim Jakarta.

BIZNEWS.ID - JAKARTA - Menyambut masa Angkutan Lebaran 2025, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) siap memberikan layanan terbaik bagi para penumpang Whoosh. Masa angkutan Lebaran akan berlangsung selama 22 hari, mulai dari 21 Maret hingga 11 April 2025.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, KCIC telah meningkatkan jumlah perjalanan dan kapasitas tempat duduk yang tersedia.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menjelaskan bahwa selama masa angkutan Lebaran 2025, KCIC akan mengoperasikan 62 perjalanan reguler per hari, meningkat 20% dibandingkan dengan angkutan Lebaran tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 52 perjalanan per hari. Peningkatan ini diharapkan dapat mengakomodasi lonjakan penumpang yang diperkirakan terjadi selama periode tersebut.

“Dengan penambahan jumlah perjalanan, kapasitas tempat duduk harian juga meningkat menjadi 37.262 tempat duduk, dari sebelumnya 31.252 tempat duduk per hari pada tahun lalu,” ungkap Eva.

Total, KCIC menyediakan sebanyak 808.946 tempat duduk dalam 1.346 perjalanan Whoosh sepanjang masa angkutan Lebaran 2025. Peningkatan kapasitas ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada tanggal-tanggal puncak, terutama pada 5 April atau H+2 Lebaran.

Eva juga mengungkapkan bahwa KCIC memproyeksikan lonjakan jumlah penumpang hingga 30% selama masa angkutan Lebaran, yang diperkirakan akan mencapai sekitar 24 ribu penumpang per hari. Sebagai perbandingan, pada hari biasa, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16.000 hingga 18.000 orang per hari, sedangkan pada akhir pekan, jumlahnya bisa mencapai 18.000 hingga 21.000 penumpang per hari.

“Tren pembelian tiket Whoosh yang sebagian besar dilakukan pada hari keberangkatan, dengan sekitar 85% penumpang membeli tiket pada saat itu, membuat kami mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan membeli tiket secara online,” tambah Eva.

KCIC juga memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan penumpang akan menjadi prioritas utama selama angkutan Lebaran. Sebanyak 530 petugas pengamanan, yang terdiri dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri, akan ditugaskan di seluruh stasiun dan jalur kereta untuk menjaga keselamatan perjalanan.

Selain itu, sebanyak 688 petugas layanan, termasuk Passenger Service Mobile, akan siap memberikan bantuan kepada penumpang di berbagai stasiun Whoosh.

"Kami memastikan layanan yang optimal agar penumpang merasa aman dan nyaman selama perjalanan," ujar Eva.

KCIC juga telah melakukan pengecekan terhadap fasilitas pendukung yang ada di stasiun, seperti area bermain anak, ruang tunggu, ruang VIP, jalur khusus disabilitas, ruang ibu menyusui, pos kesehatan, pos pengamanan, serta fasilitas parkir. Semua fasilitas ini dirancang untuk menunjang kenyamanan penumpang selama berada di stasiun maupun dalam perjalanan.

Promo Menarik untuk Penumpang

Sebagai bagian dari peningkatan layanan selama Ramadan, KCIC bekerja sama dengan tenant dan UMKM yang ada di stasiun untuk menghadirkan berbagai promo dan diskon menarik bagi para penumpang. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi penumpang Whoosh selama masa angkutan Lebaran.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan layanan transportasi yang andal dan nyaman bagi masyarakat. Dengan berbagai persiapan yang telah kami lakukan, kami siap melayani lonjakan penumpang dan memastikan perjalanan yang lancar serta menyenangkan bagi seluruh pengguna Whoosh,” tutup Eva.(Dens)

Tag:
#AngkutanLebaran2025, #KCIC, #KeretaCepat, #Whoosh, #TransportasiIndonesia,