Home Sport Sports Festival Indonesia 2025: Membangun Persahabatan Anak Bangsa Lewat Olahraga

Sports Festival Indonesia 2025: Membangun Persahabatan Anak Bangsa Lewat Olahraga

Festival Olahraga Nasional

0
SHARE
Sports Festival Indonesia 2025: Membangun Persahabatan Anak Bangsa Lewat Olahraga

Keterangan Gambar : Anak dari Jepang dan Indonesia bahu membahu dalam lomba tarik tambang, satu dari 9 lomba pada Sports Festival Indonesia 2025 yang digelar klub sepakbola Jepang, Shonan Belmare dan ASIOP Football Academy di ASIOP Stadium, Sabtu (15/2).

Biznews.id - Jakarta - Sports Festival Indonesia 2025 sukses digelar di ASIOP Stadium pada Sabtu (15/02), mempertemukan 200 anak-anak dari Indonesia dan Jepang dalam sebuah perayaan olahraga, budaya, dan persahabatan. Festival hasil kolaborasi klub sepak bola ternama Jepang, Shonan Bellmare, dan ASIOP Football Academy, penuh warna ini bertujuan untuk mempererat hubungan antarbangsa melalui kegiatan yang melibatkan generasi muda dari kedua negara.

"Acara ini bukan hanya tentang menang atau kalah. Ini adalah kesempatan untuk membangun persahabatan, merayakan keberagaman, dan menciptakan kenangan tak terlupakan," ujar Shun Ogino, Ketua Panitia Sports Festival Indonesia 2025.

Ogino juga menambahkan bahwa melalui festival ini anak-anak dari kedua negara bisa tumbuh dengan nilai sportivitas yang tinggi.

Diikuti oleh anak-anak berusia 9 hingga 12 tahun dari Indonesia dan Jepang, acara ini tidak hanya menyajikan kompetisi olahraga, tetapi juga pertukaran budaya yang seru melalui permainan tradisional kedua negara.

"Saya sangat senang bisa bermain dengan teman-teman dari Jepang. Permainannya seru dan saya belajar banyak hal baru. Meskipun ada perbedaan bahasa, tetap bisa berkomunikasi dengan mudah," aku Mansur, peserta dari Indonesia.

Festival edisi perdana ini menampilkan berbagai permainan seru yang menantang keterampilan fisik dan kerja sama tim. Beberapa permainan yang digelar antara lain: Tag Game, Passing Ball, Big Ball Rolling, Tug of War, Pingpong on the Spoon, 2 People 3 Legs, dan sepak bola. Semua permainan ini berhasil menarik perhatian peserta dan penonton, sekaligus meningkatkan semangat kompetitif serta kebersamaan antarpeserta.

"Meskipun kita datang dari negara yang berbeda, kita bisa saling berkomunikasi melalui olahraga dan permainan," kata Eita, peserta dari Jepang.

"Saya suka bermain sepak bola di sini dan juga mencoba permainan tradisional Indonesia. Semuanya sangat menyenangkan!" lanjut Eita.

Di akhir acara, penghargaan diberikan kepada tiga tim terbaik yang berhasil meraih poin tertinggi. Selain menanamkan semangat kompetisi yang sehat, Sports Festival Indonesia 2025 memiliki tujuan sosial yang lebih besar. Festival bertujuan memperkenalkan budaya kedua negara, plus mendorong gaya hidup sehat dan aktif di kalangan anak-anak sejak usia dini.

Acara ini mendapat dukungan penuh dari berbagai sponsor, termasuk Tokyu Land Indonesia, Astra Honda Motor, PILOT Pen Indonesia, Sasa Housefoods Indonesia, Bank Danamon, Meiji Indonesia, Sensha Indonesia, Macromill Indonesia, dan Haru Fit Tokyu. Selain itu, Yakult dan Itoen turut berkontribusi sebagai official supllier.(Dens)